"Nord Kamal" Masjid Paling Utara di Dunia


Arsitektur masjid ini dibangun menyesuaikan dengan kondisi iklim yang sangat ekstrem di utara bumi. Masjid bercorak Turkish-style ini bernama Noorda Kamal atau Nord Kamal. Merupakan masjid terbesar di Kota Norilsk, di wilayah utara Rusia.
Kota ini berada di lingkaran kutub utara (arctic) dan suhunya bisa mencapai 50 derajat celcius di bawah nol. Guinness Book of Records mencatat masjid ini sebagai masjid paling utara di dunia.
Nord Kamal dibangun oleh seorang pengusaha dari etnis Tatar, Mukhtad Bekmeyev,  yang merupakan penduduk asli Norilsk. Masjid ini dirancang oleh arsitek lokal bernama Josef Muire, dengan dana yang berasal dari donatur Inggris Stephen Trantham. Mulai berfungsi sejak 1998 silam. Keseluruhan warna masjid yang hijau dan kubah emasnya menjadi sangat kontras ketika salju turun di wilayah tersebut.
Mengutip keterangan di laman Wikipedia, Masjid Nord Kamal menjadi salah satu tempat paling indah di Kutub Utara Norilsk. Arsitektur masjidnya dibangun berbeda dengan corak masjid pada umumnya yang menyesuaikan dengan kondisi iklim yang sangat ekstrem di utara bumi.
Contohnya adalah menara masjid yang lazimnya berbentuk bulat namun dibuat persegi. Dengan dasar seperti ini kontur bangunan menjadi lebih tahan terhadap terpaan angin. Nama yang ditabalkan untuk masjid ini diberikan untuk menghormati ayah dan ibu  Mukhtad Bekmeyev, yaitu Nuritdin dan Gaynikamal.
Kota Norilsk berada di negara bagian Krasnoyarsk Krai, Federasi Rusia. Wilayahnya berada di antara sungai Yenisey dan semenanjung Taymyr. Kota Norilsk merupakan kota paling utara di Siberia yang menjadi kota terbesar kedua di dunia setelah Murmansk Rusia untuk daerah di lingkaran Antartika atau Arctic.
Kehadiran masjid Nord Kamal ini menjadi keunikan tersendiri bagi kota yang pernah tercatat sebagai kota terpolusi di dunia ini. Pemeluk Islam di kota ini menyatukan komunitas mereka dengan membentuk Muslim Eskimos Community Center.
Kawasan Norilsk sering tertutup salju, sehingga bangunan masjid dengan warna cerah ini menjadi semakin indah. Saat langit cerah, menara masjid ini menyerupai benteng atau puncak istana. Walaupun tidak terlalu besar, masjid Nord Kamal menjadi kebanggaan warga Muslim yang tinggal di sana.
Secara keseluruhan terdapat sekitar 20 juta populasi Muslim di Rusia, sekitar 14 persen dari total penduduk Rusia. Penganut Muslim di Asia Tengah dan Dagestan umumnya beraliran Sunni, sementara yang lain dari Azerbaijan penganut Syiah.